Ads 468x60px

Kamis, 25 Oktober 2012

Asal-Usul Jalan Sukabirus, Kawasan IT-Telkom

Jalan Sukabirus

Setelah STT Telkom (sekarang IT Telkom) dibangun di lokasi bekas Stasiun Pemancar Radio Palasari dengan gerbang utama menghadap ke sebelah timur, ke jalan desa yang menghubungkan desa Citeureup dan desa Sukapura, wilayah sekitarnya seperti Sukabirus, Cigombong, Ciranjeng, Manggadua, dan Sukapura berkembang dengan sangat pesat. Apalagi setelah dibangun jalan tembus dari jalan desa yang menghubungkan Sukabirus dengan Sukapura ke jalan Raya Bojongsoang menyeberangi sungai Cikapundung, wilayah yang berkembang pesat itu semakin luas. Pemukiman semakin padat penghuni, pesawahan dan kebun pun beralih fungsi menjadi pemukiman. 

Semakin padatnya penduduk di wilayah sekitar IT Telkom bukan disebabkan program KB tidak berhasil melainkan disebabkan oleh bertambahnya para pendatang. Bukan hanya mahasiswa yang akan menuntut ilmu di perguruan tinggi milik PT Telkom itu saja, melainkan juga mereka yang datang mengadu untung di sini. Ada yang membangun rumah kos, ada yang berdagang kebutuhan sehari-hari para mahasiswa yang dari tahun ke tahun banyaknya terus bertambah. 

Lokasi kampus IT Telkom ini dahulu dikenal dengan nama Radio Palasari karena di lahan milik PT Telkom ini berdiri bangunan pemancar radio dengan menara-menaranya yang menjulang tinggi. Salah satu menara antenna pemancar, kalau tak salah, terletak dekat jalan Raya Bojongsoang yang sekarang dijadikan jalan tembus. Gerbang utamanya terletak di sebelah barat, di jalan Raya Dayeuhkolot berhadapan dengan jalan Cisirung. Lahan yang kini digunakan oleh IT Telkom terletak di bagian timur kompleks ini yang berbatasan dengan jalan desa. Dahulunya merupakan sawah yang digarap oleh para karyawan PT Telkom (tahun enampuluhan masih bernam PTT : Pos Telegrap dan Telepon). Sebelum ada STT Telkom, jalan dari gerbang di jalan Raya Dayeuhkolot hanya sampai ke bangunan pemancar Radio yang berdekatan dengan kompleks perumahan karyawan Telkom. Saat itu sudah ada jalan tembus ke arah selatan dari perumahan karyawan sampai ke tikungan Masjid An Nur sekarang. Jalan tembus ini dahulu hanya dapat dilalui kendaraan roda dua. 


Lihat Peta Lebih Besar
Pemukiman yang terletak di depan (sebelah timur) masjid IT Telkom adalah Ciranjeng. Agak ke selatan Cigombong. Lewat Cigombong ke sebelah selatan terletak kampung Sukabirus. Sebelum STT Telkom berdiri kampung Sukabirus merupakan pemukiman terbesar dan mungkin juga yang paling tua di sini.. Wilayahnya membentang dari tikungan dekat SD Negeri Sukabirus hingga ke jembatan Padanaan di sebelah selatan berbatasan dengan kampong Lamajang. Sekarang nama Ciranjeng dan Cigombong hampir terlupakan, padahal sebaiknya tetap diingat karena mungkin sekali nama-nama tempat ini mengandung arti sejarah Arah ke utara dari kampus IT Telkom terdapat kampung Manggadua, ke arah utara lagi Sukapura. Pemukiman ini sama tua dan hampir sama luasnyanya dengan Sukabirus. Institut Management Telkom yang terletak di pertigaan jalan Sukabirus-Sukapura dengan jalan IT Telkom yang tembus ke jalan Raya Bojongsoang, lokasinya sudah termasuk kampung Manggadua. Nama tempat ini sekarang kurang terkenal, padahal dapat mengingatkan pada nama tempat terkenal di Jakarta. 

Sekarang ada kecenderungan mengubah nama tempat. Ciranjeng dan Cigombong kini lebih dikenal sebagai Sukabirus, sementara Sukabirus disebut terusan Sukabirus. Mengubah nama tempat tidaklah tabu. Nama tempat yang konotasinya kurang baik biasanya diganti dengan nama lain yang dianggap lebih baik. Tetapi mengubah nama tempat dengan semena-mena dapat membingungkan orang banyak, terutama mereka yang baru datang ke tempat itu. Selain itu juga seakan-akan menghapus keberadaan tempat-tempat yang semula mempunyai nama lain, nama yang khas dan mungkin mengandung sejarah.

Pemukiman tertua di Sukabirus mungkin terlatak di kiri kanan jalan mulai dari sekitar pertigaan Masjid An-Nur sekarang ke arah timur belok sedikit ke sebelah utara. Dari sana hingga batas Cigombong perumahan penduduk hanya ada di sebelah kanan jalan, kalau kita berjalan dari arah Sukabirus ke arah Manggadua . Sukabirus dan Cigombong dipisahkan beberapa petak sawah. Lokasi SD Negeri Sukbairus sekarang berada di Cigombong. Tahun tujuh puluhan lokasi ini masih berupa sawah. 
Kalau Sukabirus sekitar akhir tahun limapuluhan masih jarang penduduknya, Rumah di Cogombong dan di Ciranjneg lebih sdikit. Antara Ciranjeng hingga ke Manggadua jalan masih diapit pesawahan dan tidak ada rumah penduduk. Mulai dari Manggadua ke utara sejak tahun limapuluhan pun penduduknya sudah padat seperti kampung Sukabirus.

Ulasan ini tidak bermaksud menggurui, melainkan sekedar mengingatkan bahwa dahulu, sebelum ada STT Telkom di sekitar tempat ini telah merupakan pemukiman. Jalan yang terdapat di sebelah timur IT Telkom merupakan jalan desa yang menghubungkan desa Citeureup dan desa Sukapura, Jalan sejenis ini yang menghubungkan antar desa dahulu (sebelum kita merdeka) disebut “jalan rondaan”. Di Sukapura , dekat SMA Negeri 1 Dayeuhkolot, jalan ini bercabang ke arah barat ke kampung Mengger hilir. Sedikit di utara pertigaan ini ada pertigaan lagi, yang lurus ke utara menuju ke arah desa Batununggal dan yang berbelok ke timur menyeberangi sungai Cikapundung tembus ke jalan Raya Bojongsoang.



1 komentar:

Kusnadi mengatakan...

Terima kasih Anda telah membaca blog saya dan menyalin postingan 31 Agustus 2010. Alangkah baiknya jika Anda menyebutkan blog saya itu sebagai sumbernya.

 

Fakta Unik

Gitar sudah ditemukan sejak 4000 tahun yg lalu. Baca selengkapnya >>

IP anda

Recent Comments